Penyakit Lepra (Kusta)

Penyakit Lepra (Kusta) – Lepra merupakan jenis penyakit yang sudah ada lama sejak lama bahkan ratusan tahun yang lalu. meskipun suatu penyakit yang lama, tetapi sampai pada saat ini masih ada orang yang mengalaminya. penyakit lepra juga dikenal dengan nama penyakit kusta, yang merupakan penyakit yang menyerang bagian syaraf. serangan syaraf dari bakteri bisa mengakibatkan kulit mati rasa sehingga kebal atau tidak merasakan apa pun yang menyentuh kulit. berkembangnya bakteri yang menjadi penyebab penyakit lepra memang sangat lambat bisa mencapai 40 tahun lamanya, tetapi meskipun begitu tidak baik juga dan perlu berhati hati dengan penyakit ini. karena disebabkan oleh infeksi bakteri, sehingga penyakit lepra bisa menular juga ke orang lain. sebab penyakit lepra yang pertumbuhannya lambat sehingga banyak orang yang tidak langsung menyadari apabila telah terinfeksi atau telah menderita penyakit lepra. penyakit lepra bisa menyebabkan cacat genetik untuk itu meskipun bisa penyakit ini sudah dapat disembuhkan pada saat ini tetapi sulit untuk diketahui dengan cepat.

Penyebab Penyakit Lepra (Kusta)

Penyakit lepra (Kusta) bisa terjadi karena disebabkan oleh infeksi, ada bakteri yang bisa menginfeksi syaraf kulit sehingga mengakibatkan penyakit lepra. jenis bakteri yang bisa menyebabkan penyakit lepra (Kusta) ialah Mycobacterium leprae. berbeda dengan jenis bakteri pada umumnya yang lebih menyukai bagian tubuh yang lembab dan minim udara, tetapi bakteri yang menyebabkan penyakit lepra lebih menyukai bagian bagian tubuh yang dingin, seperti dibagian lutut, kaki atau pun pada bagian wajah. jenis bakteri yang menyebabkan penyakit lepra pun tidak hanya bisa menginfeksi tubuh manusia saja tetapi juga bisa pada hewan. jadi penularan penyakit lepra bukan hanya dari sesama manusia saja tetapi juga bisa dari hewan.

penyakit kusta

Penyakit lepra (Kusta) biasanya terjadi karena ditularkan oleh orang lain maupun dari hewan, sebab penularan bakteri yang sangat mudah. penularan penyakit lepra hampir sama dengan penyakit flu yaitu dari cairan hidung. cairan yang dikeluarkan dari hidung pada saat bersin akan sangat mudah untuk di hirup oleh orang lain dan masuk ke tubuh orang tersebut bakteri yang dikeluarkan sehingga menginfeksi syaraf atau sel, namun lebih mudah terjadi pada orang orang yang memiliki daya tahan tubuh yang rendah. ada pun faktor pemicu penyakit lepra (Kusta) lainnya.

Pemicu penyakit lepra (Kusta) bisa dikarenakan oleh kontak langsung. dengan kontak langsung penderita lepra bisa menularkan bakteri. tetapi biasanya hanya pada kontak langsung yang terlalu sering atau terlalu lama tanpa menggunakan pelindung seperti sarung tangan yang akan meningkatkan risiko untuk di infeksi oleh bakteri penyebab lepra. sebab kontak langsung yang terus menerus terjadi akan memicu bakteri berpindah pada orang lain, jadi kontak secara langsung dan sering tanpa menggunakan pelindung yang akan memicu terjadinya penularan penyakit lepra.

Bukan hanya dengan kontak langsung saja, terjadinya penyakit lepra (Kusta) pun akan berpotensi besar untuk orang orang yang lingkungan tempat tinggalnya memang banyak penderita lepra. untuk itu apabila tinggal dikawasan endemik lepra maka ada baiknya segera pindah sebab risiko untuk menderita penyakit lepra menjadi sangat besar. ada juga seseorang yang berisiko menderita penyakit lepra (Kusta) lebih besar dari orang lain yaitu pada seseorang yang memiliki kekebalan tubuh buruk. memiliki kekebalan tubuh yang sangat buruk bisa meningkatkan potensi untuk menderita penyakit lepra lebih besar dari orang kebanyakan.

Gejala Penyakit Lepra (Kusta)

Munculnya gejala penyakit lepra (Kusta) bisa terjadi apabila infeksi sudah berlangsung 2 tahun atau pun 10 tahun lamanya. memang rentan waktu yang sangat lama sehingga banyak orang yang tidak bisa langsung menyadari jika dirinya telah terinfeksi oleh penyakit lepra (Kusta). maka dari itu perlu pemeriksaan khusus agar mengetahui jika tubuh telah terinfeksi oleh bakteri yang menyebabkan penyakit lepra (Kusta). berikut beberapa gejala lepra yang akan muncul :

  • Mati rasa. Tidak bisa merasakan perubahan suhu hingga kehilangan sensasi sentuhan dan rasa sakit pada kulit.
  • Pembesaran pembuluh darah, biasanya di sekitar siku dan lutut.
  • Perubahan bentuk atau kelainan pada wajah.
  • Hidung tersumbat atau terjadi mimisan.
  • Muncul luka tapi tidak terasa sakit.
  • Kerusakan mata. Mata menjadi kering dan jarang mengedip biasanya dirasakan sebelum muncul tukak berukuran besar.
  • Lemah otot atau kelumpuhan.
  • Hilangnya jari jemari.

Pengobatan Penyakit Lepra (Kusta)

Gejala yang muncul setelah dua tahun terinfeksi atau bahkan setelah 10 tahun, dan bakteri berkembang bisa mencapai 40 tahun. tetapi sebelum semakin parah maka ada baiknya jika melakukan pengobatan lebih cepat. apabila sudah muncul gejala penyakit lepra seperti diatas maka pengobatan bisa dilakukan dengan obat kusta , atau pun dengan tindakan bedah apabila sudah semakin parah. tujuan tindakan bedah biasanya untuk mengembalikan syaraf yang telah terinfeksi kembali normal. selain itu apabila sudah ada kerusakan seperti cacat pada bagian tubuh tertentu pun juga bisa diatasi dengan melakukan operasi, dan mengembalikan atau menormalkan anggota tubuh yang lainnya. (By:RM)

Penyakit Lepra (Kusta)


>>> Obat Lepra Herbal Super Green Plus G2 untuk Pengobatan Penyakit Lepra, Klik Detail Disini!


This entry was posted in Penyakit Lepra and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.